Usia Sudah Setahun, Inilah Checklist Perawatan Sistem Injeksi Yamaha Nmax

otomekanik.ID – Punya tunggangan Yamaha Nmax yang usianya menginjak setahun, rasanya emang kayak masih baru bro. Tapi jangan lantas bikin kita lengah urusan perawatan. Apalagi di sektor mesin, tepatnya sistem pengabutan pada motor injeksi. Yup, ini dia checklist perawatan sistem injeksi Yamaha Nmax usia setahun.

Menurut Yayat Suryana, Kepala Mekanik Yamaha Amie Jaya Motor, Depok, Jawa Barat, menyebutkan bahwa ada 4 hal yang harus diperhatikan terkait sistem injeksi BBM yang sudah berusia satu tahun.

Pertama, pada jangka waktu pemakaian tersebut bisa jadi ada penurunan fungsi kerja injektor. Hal ini terjadi akibat dari kualitas bahan bakar melalui komponen tersebut.

(BACA JUGA: Siap-siap Rasio Kompresi Turun Kalau Elo Ganti Kem High Performance, Ini Sebabnya Bro)

“Ini bukan ada hubungannya (langsung) dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Tapi lebih ke material lain yang menyertai bahan bakar, seperti air masuk pada tangki bahan bakar,” ucap Yayat.

Kedua, masih soal kandungan lain yang terdapat pada bahan bakar. Hal ini bisa bikin filter pompa bensin kotor, akibatnya bahan bakar yang masuk volumenya berkurang.

Hal ini tentu berimbas pada performa mesin yang terganggu. Hal yang bisa jadi patokan adalah saat mesin dihidupkan terasa ‘ndut-ndutan’.

(BACA JUGA: Keren, Versi Produksi Massal Yamaha T7 Concept Meluncur September 2017)

Ketiga, filter udara dan oli jangan lupa juga dicek. Biasanya kotoran sudah menempel pada komponen-komponen tersebut, mengingat usianya sudah menginjak setahun.

Keempat, lakukan juga pengecekan pada ruang bakar. Saat usia 1 tahun, kerak yang menempel di kepala piston dan area ruang bakar pasti sudah cukup tebal tuh bro.

Makanya performa mesin bisa menurun terus kalau dibiarkan. Nggak hanya bikin motor elo jadi lemot, kerak-kerak yang nempel juga bikin boros bahan bakar.

(BACA JUGA: Perkiraan Harga Motor Listrik Gesits, Teknologi Setara Tesla Bro)

Terakhir di luar urusan mesin, yang juga patut diperhatikan saat Yamaha Nmax elo saat sudah menginjak setahun adalah komponen di boks CVT.

Roller, belt, kampas kopling harus dicek juga bro jangan sampai keburu haus. Karena ujung-ujungnya konsumsi bahan bakar jadi taruhannya.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: Yamaha Motor Indonesia

 

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr