Pake Ban Tubeless, Pahami Cara Tambal Ban Motor, Nggak 100 Persen Anti Bocor Bro

 

otomekanik.ID – Kalau mau tambal ban mesti gimana ya? Nah simak artikel berikut, dengan tema pahami cara tambal ban motor. Terutama buat elo yang pake ban tubeless.

Pengguna kendaraan roda dua pasti kerap mengalami ban bocor. Penggunaan ban tubeless dirasa lebih menguntungkan. Karena jika ban bocor, motor masih bisa dibawa menuju tambal ban terdekat.

Menurut Rifat Sungkar, Pendiri Rifat Driving Labs (RDL), ban berjenis tubeless memang nggak akan mengalami kerusakan separah ban dalam saat kekurangan angin atau keadaan bocor.

(BACA JUGA: Siap-siap Rasio Kompresi Turun Kalau Elo Ganti Kem High Performance, Ini Sebabnya Bro)

Namun jika ban alami kekurangan angin dalam waktu lama, maka angin bisa keluar dari celah ban dan pelek.

Nggak hanya bisa kurang angin, komponen karet ban juga bisa rusak. Karena titik tumpu motor berubah, dan juga bisa mengganggu kestabilan.

“Umumnya mengatasi ban motor kempes karena bocor, dilakukan dengan ditambal. Untuk ban tubeless, kalau tambalannya sudah banyak bisa diakali dengan menggunakan ban dalam di ban tubeless,” tegas Rifat.

“Tapi fungsi ban tubeless-nya otomatis berubah jadi seperti tube type,” katanya.

(BACA JUGA: Usia Sudah Setahun, Inilah Checklist Perawatan Sistem Injeksi Yamaha Nmax)

Meski begitu, ia juga menambahkan kalau ban tubeless sudah sering kali ditambal, cara terbaiknya adalah dengan ganti dengan yang baru.

Begitu pula dengan tipe ban dalam, dianjurkan untuk segera ganti baru jika sudah ditambal lebih dari tiga kali.

Soalnya kekuatan tambalan yang dipasang belum tentu optimal pada karet ban.

“Ban itu bergerak terus. Tambalannya bisa kurang presisi atau lain sebagainya. Makanya ban yang sudah bocor, kemungkinan besar bisa bocor lagi,” ujar Rifat.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: indonesiaautosblog.com, pinbike.com

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr