Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?

otomekanik.ID – Fenomena Wuling Confero S di kelas mobil keluarga dengan harga termurah telah menjadi perbincangan di dunia otomotif. Hadir di GIIAS 2017, yuk kita kulik mesin Wuling Confero S ini. Bener nggak ia pakai mesin Chevrolet Spin?

Sebelumnya, Wuling menawarkan Confero dengan rentang harga Rp 128,8 – 165,9 juta dengan pilihan tipe Confero 1.5, dan Confero S yang dibagi lagi atas 2 model, 1.5 C dan 1.5 L. Pilihan transmisi hanya manual 5-speed.

BACA JUGA: Resmi Meluncur di GIIAS 2017, Inilah Harga Resmi Wuling Confero S di Indonesia, Lebih Murah Dari Toyota Avanza Bro!

Di bagian eksterior, built quality cukup dapat diandalkan. Pelat bodi terasa tebal saat diketok dengan tangan, meski hal ini bisa diakali dengan pemasangan peredam di bagian dalamnya – layaknya mobil kontes audio.

Desainnya menarik dengan projector headlamp, pelek alloy 15 inci dengan rem cakram di keempat rodanya. Tapi ada sedikit catatan hadir saat memperhatikan kualitas rem cakram yang ada di Wuling Confero S.

Membandingkan dengan mobil pameran dari brand lain, terlihat cakram rem mobil baru ini sudah memiliki garis-garis yang cukup dalam dan hadirnya korosi. Terlintas seperti cakram nggak diperkeras atau bahasa kerennya, nggak di-hardening, sehingga materialnya menjadi kurang keras.

Masuk ke interior, kabin lapang menjadi poin menarik dari Wuling Confero. Desain dasbor kembali terlihat modern.

Satu-satunya yang agak memgganggu adalah penerapan jam analog di tengah dasbor. Sepertinya, desainer ingin sedikit memasukan unsur kemewahan khas premium cars seperti Bentley.

BACA JUGA: Punya Harga Rp 128,8-165,9 Juta, Inilah Spesifikasi Resmi Wuling Confero S di Indonesia

Analisis kabin lapang pun diperkuat dengan komposisi dimensi Wuling Confero PxLxT (4.530×1.691×1.715 mm). Setidaknya lebih luas dari Toyota Avanza dengan dimensi 4.190×1.660×1.695 mm.

Begitu pun dengan wheelbase yang lebih panjang 65 mm, dengan 2.720 mm. Artinya, mestinya Confero akan punya suspensi yang lebih lembut.

Di tipe termurah Confero, jok baris kedua dan ketiga menyatu. Tanpa double blower dan airbags, tapi sudah power window di keempat jendela.

Pelek pun masih menggunakan dop serta rem tromol di roda belakang serta nggak ada fitur ABS (Anti-lock Brake System).

Untuk dapur pacu, terlihat Wuling mengadopsi mesin serupa Chevrolet Spin. Hal ini tersirat dari kapasitas mesin 1.495 cc berteknologi katup variabel ganda (DVVT) sehingga mampu menghasilkan tenaga 107 dk di 5.800 rpm dan torsi 142 Nm sejak 3.800 rpm.

BACA JUGA: Toyota Avanza Harus Takut Sama Wuling Confero dan Jokowi Ketimbang Mitsubishi Xpander, Ini Sebabnya Bro

Bedanya dengan Spin, Confero pakai penggerak belakang. Alhasil, kerugian gesekan semakin besar dan berdampak pada konsumsi BBM yang tidak akan seirit Chevrolet Spin yang notabene berpenggerak depan.

Nah, sekarang tinggal menunggu waktu yang akan menjawab Wuling akan sesukses kompetitornya yang telah lebih dahulu masuk ke pasar Indonesia, atau mengalami nasib serupa dengan pendahulunya Chery dan Geely.

Tapi mengingat Wuling investasi lebih serius dengan bangun pabrik serta berjanji bikin dealer hingga 50 di akhir 2017, asa itu sedikit menyakinkan konsumen Tanah Air. Dengan catatan, kualitas produk pun turut teruji di Indonesia.

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: Dhany Ekasaputra

VIDEO TERKAIT: VIDEO – First Review Wuling Confero Dari GIIAS 2017, Penasaran Nggak Bro?

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr