Inilah Tips Pakai Kartu E-toll di Gerbang Tol Otomatis, Jangan Sampai Bikin Masalah Bro

otomekanik.ID – Tinggal menghitung hari, sistem GTO akan segera diberlakukan. Biar nggak repot, inilah tips pakai kartu e-toll di Gerbang Tol Otomatis. Jangan sampai bikin masalah ya bro.

Pakai GTO memang lebih praktis dan cepat tanpa harus menunggu uang kembalian. Nah, jelang masuk  GTO, cari gerbang yang paling kosong atau antrian pendek untuk mempercepat waktu perjalanan.

Kalo mobil elo pakai roofbox, pastikan nggak ada batasan tinggi karena GTO khusus mobil pribadi dipasang portal yang mentok sama mobil pakai roofbox. Risikonya, elo mesti gabung dengan kendaraan komersial seperti bus dan truk.

(BACA JUGA: Inilah Video Cara Isi Ulang Atau Top-up Kartu E-Money Bank Mandiri Pakai Smartphone Android)

Saat sudah masuk GTO, tunggu sampai portal sudah turun alias tertutup. Perhatikan juga lampu merah dan hijau sebagai petunjuk mesin sudah siap pakai. Saat lampu sudah merah, tempelkan kartu e-toll ke mesin.

Apabila sudah ditempelkan, jangan buru-buru dicabut bro. Tunggu hingga portal terbuka dan lampu hijau nyala sebagai tanda saldo di kartu uang elektronik sudah terpakai dan elo boleh lewat.

Kata kuncinya adalah jangan buru-buru bro.

(BACA JUGA: Mulai Oktober 2017 Bayar Tol Wajib Pakai Uang Elektronik, Ini Bank Yang Sedia E-Toll)

Jangan lupa ambil struk bila diperlukan, seperti untuk laporan perjalanan ke kantor. Terkadang ada mesin yang kertasnya habis.

Cara sederhananya bisa ambil struk bekas pengguna sebelumya yang nggak ambil struk. Atau kalau mau, ambil saja serenceng bro buat stok.

Sisi depan atau belakang kartu sama saja karena kartu elektronik seperti e-Money pakai chip yang bisa dipakai dua arah.

Bungkus plastik e-Money juga nggak perlu dilepas karena tetap terbaca oleh mesin. Jadi awet dan nggak gampang rusak bro.

(BACA JUGA: Modifikasi di Mesin Ternyata Bikin Usia Pakai Oli Mesin Lebih Singkat, Ini Sebabnya Bro)

Beberapa pengemudi kesulitan menjangkau mesin GTO. Saat ini sudah banyak di e-commerce jual “tongtol” alias tongkat yang bisa dipasang kartu e-toll sehingga elo nggak kerepotan menjangkau mesin GTO.

Oh ya, biar keren dan personal, elo bisa bikin sendiri desain kartu elektronik. Misal, pasang foto diri elo atau keluarga.

Ya, minimal kalau kartu hilang dicuri, orang yang pakai akan malu karena foto di kartu bukan foto dia. Atau bisa jadi cirikhas kalau kartu hilang di tempat umum.

(BACA JUGA: Bahaya Bro, Jangan Pasang Sembarangan 10 Aksesori Ini di Mobil!)

Jangan panik bila mengalami kendala seperti saldo habis atau mesin GTO rusak. Di bawah tempat tapping kartu elektronik, ada tombol bantuan.

Nanti ada petugas jaga yang siap membantu. Atau bisa juga elo tekan klakson untuk mendapatkan perhatian petugas tol. Tapi jangan berlebihan ya bro.

Penulis: M. Edisaputra

Foto: Shopback.com

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr