Wajib Diganti, Ada Dua Panduan Cara Ganti Oli Sokbreker, Pilih Volume atau Jarak?

otomekanik.ID – Oli sokbreker punya usia pakai. Bila oli sudah waktunya wajib diganti. Nah, ada dua panduan cara ganti oli sokbreker bro! Pake satuan volume (ml) atau jarak (mm).

Waduh! Apaan lagi nih?

Dalam mengganti oli sokbreker, umumnya mekanik menggunakan satuan volume untuk menentukan jumlah oli yang masuk ke dalam sokbreker. Betul kan?

(BACA JUGA: Oli Sokbreker Motor Perlu Diganti Secara Berkala, Ini Sebabnya Bro)

Tapi kebayang dong, ada ratusan jenis motor, tentu susah buat menghapal volume oli sokbreker untuk motor A dengan motor B hingga motor Z.

Contohnya, rata-rata pemilik Yamaha Nmax mengisi 75 – 85 ml, Yamaha Mio dengan rekomendasi 53 ml +/- 4 ml, lalu Honda Beat 76 ml. Padahal semuanya merupakan jenis motor matik.

Kalo mekanik nggak hapal, wajar kalo rumus ‘kira-kira’ menjadi cara mujarab untuk mengisi volume sokbreker motor bro.

Belum lagi kalo alat ukur ukurannya akurat sehingga volume sok kiri dan kanan memiliki jumlah yang berbeda, tentu kinerjanya menjadi kurang optimal.

Cara lainnya, mekanik dapat menerapkan satuan jarak yang diukur dari permukaan oli sokbreker ke ujung as sokbreker dalam travel minimum alias tanpa per di dalamnya.

Seperti yang dilakukan Hasan dari Hasan Motor di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

(BACA JUGA: Banyak Motor Pakai Pendingin Cairan, Inilah Tips Cara Ganti Air Radiator Yamaha Nmax)

“Biasanya diukur jarak sekitar 6 – 7 cm untuk motor matik. Jarak ini tergantung dari bobot si rider,” terang Hasan yang bisa dihubungi di nomor 081315315117.

Tujuan penerapan ini lebih kepada keseimbangan volume oli sokbreker di sisi kiri dan kanan. Selain itu, Hasan juga lebih aman dengan metode ini lantaran nggak akan merusak sil akibat volume yang berlebihan.

Nah, silahkan pilih deh bro. Mau pake hitungan volume atau jarak?

(BACA JUGA: Usia Sudah Setahun, Inilah Checklist Perawatan Sistem Injeksi Yamaha Nmax)

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: www.visordown.com (headline), Dhany Ekasaputra

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr