Toyota Voxy Siap Bersaing Dengan Nissan Serena dan Mazda Biante, Apa Saja Keunggulannya Bro?

otomekanik.ID – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis Toyota Voxy untuk menggantikan Nav1 di Indonesia. High MPV Toyota ini kini lebih siap bersaing dengan kompetitornya, Nissan Serena dan Mazda Biante. Apa saja keunggulan Toyota Voxy? Simak yuk bro.

Desain fresh menjadi kekuatan utama dari Toyota Voxy di Indonesia.  Air dam besar dengan desain X shape dipadu headlamp LED kesana modern dan sporty.

(BACA JUGA: VIDEO – First Review Toyota Voxy Dari GIIAS 2017)

Begitu pun di belakang, stoplamp LED pun memberi kesan keren dari MPV CBU Jepang ini. Uniknya, posisi wiper ditempatkan di bagian atas untuk meminimalkan terjadi baret kaca akibat debu yang terjebak di karet wiper, plus membuat Toyota Voxy tampil berbeda dari kompetitornya.

Keren ya bro. Jadi beda tipis sama Toyota Alphard.

Interior

Masuk ke interior, dual sunroof memberi kesan mewah dari interior Toyota Voxy. Arm rest pun tersedia di bangku depan dan baris kedua.

Pun begitu dengan tombol pengaturan di setir berikut dengan cruise control. Fungsional lainnya adalah tersedianya dua buah slot charger 2,1 A untuk kebutuhan gadget elo.

Asyiknya, bangku baris kedua dapat dijadikan captain seat dengan menyediakan meja mungil di tengahnya, atau meja tersebut dapat dilipat sehingga bangku dapat digeser ke samping agar menyatu.

(BACA JUGA: Toyota Avanza Tabrakan Dengan Bus di Kebumen, Inilah Tips Cara Menyalip Mobil Dengan Benar)

Tuas pengaturan di samping pun sangat mudah digunakan, tarik sekali untuk mengatur maju-mundur bangku, tarik lagi hingga full untuk menggeser bangku.

Tapi bangku baris kedua ini nggak bisa diputar ke belakang seperti Nav1 – meski fitur ini hampir nggak akan pernah digunakan.

Posisi bangku yang tinggi membuat ruang kaki menjadi sangat berlimpah. Saat tidak digunakan, bangku baris ketiga dapat dilipat ke samping dengan mekanisme yang sangat mudah dan diberikan pegas agar proses pelipatan bangku menjadi ringan.

Sistem AC pun sudah digital dengan dual zone serta dapat diatur dari posisi penumpang di baris kedua. Smartkey jelas menjadi kelengkapan standar dari Toyota Voxy.

Nggak sabar untuk segera mencobanya bro.

Mesin dan Transmisi

Tekan tombol start engine, mesin pun langsung bekerja. Tuas transmisi menggunakan G type dan dilengkapi mode manual. Cukup wajar, mengingat Voxy mengadopsi CVT sehingga perlu mode manual untuk memberi rasa fun to drive bro.

Apalagi transmisi CVT Voxy lebih mengedepankan efisiensi sehingga terasa sangat halus saat berakselerasi.  Rasa yang cukup berbeda ketimbang Nav1, dimana efek G Force cukup kental saat akselerasi.

Klaimnya, Voxy lebih irit hingga 8% dari Toyota Nav1 dengan rata-rata 10 km/l untuk rute dalam kota. Oke lah bro.

Padahal untuk dapur pacu sendiri, Toyota tetap pakai unit 3ZR-FAE 4-silinder 1.987 cc berteknologi Valvematic. Teknologi ini membuat dapur pacu Voxy menjadi salah satu mesin tercanggih yang dimiliki Toyota Indonesia.

Berkendara dengan teknologi katup variabel pada umumnya, Valvematic mampu mengatur putaran mesin dari jarak bukaan katupnya yang bisa bergerak dari 1 mm saat idle, hingga 11 mm saat pedal gas diinjak pol bro.

Jadi peran throttle body hanya sebatas menjaga kecepatan udara masuk dan mereduksi agar noise minim terjadi.

Tapi jika dibandingkan dengan Toyota Nav1, mesin toyota Voxy punya tenaga lebih kecil, yakni 152 ps (150 dk) di 6.100 rpm. Begitu pun dengan torsi yang turun 3 Nm menjadi 19,7 kgm (193 Nm) di 3.800 rpm.

(BACA JUGA: Harga Wuling Confero Hanya Rp 128,8 Juta, Inilah Pilihan Mobil Baru Lain Dengan Harga di Bawah Rp 130 Juta)

Sebagai pembanding, Toyota Nav1 punya tenaga 158 ps (156 dk) di 6.200 rpm dan torsi 20 kgm (196 Nm) di 4.400 rpm.

Konsep efisiensi sangat terlihat dari data tersebut, meski torsi maksimal lebih kecil, namun diperoleh pada putaran 600 rpm lebih rendah, sehingga efisiensi dalam kondisi ‘stop and go’ jadi kian membaik.

Wajar jika kapasitas tangki pun diturunkan menjadi 55 liter pada Toyota Voxy dari sebelumnya Nav1 Yang mencapai 60 liter.

Suspensi

Improvement juga terjadi di sektor suspensi. Kini bantingan suspensi High MPV Toyota terbaru ini terasa lebih lembut. Minim getaran, meski otomekanik.ID hanya mencobanya di jalan perumahan di bilangan Bintaro, Tangerang.

Kemungkinan spring rate mengalami perubahan meski mekanisme suspensi tetap sama dengan McPherson di depan dan torsion beam di belakang. Ban berukuran 205/60 R16 cukup mampu meredam permukaan jalan dengan baik.

Untuk rem, Toyota Voxy mengadopsi rem cakram di keempat roda. Hal ini sangat lumrah mengingat fitur keselamatan stability control kini hadir pada Toyota Voxy. Dimana fitur tersebut sangat butuh akurasi kerja rem yang mumpuni.

(BACA JUGA: Inilah Tips Ganti Air Wiper, Bolehkah Pakai Shampo?)

Lantaran didatangkan langsung dari Jepang, membuat Voxy tidak memiliki pilihan tipe lainnya.  Dengan harga Rp 446 juta, artinya Toyota Voxy lebih mahal Rp 13,8 juta dari tipe Nissan Serena HWS yang dirakit lokal, dimana Serena memiliki 3 pilihan tipe; X, HWS dan Autech.

Dalam pameran GIIAS 2017, Toyota Voxy dapat total pemesanan 361 unit dari target TAM yang berada di angka 150 unit.

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: Dhany Ekasaputra

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr