Toyota Avanza Tabrakan Dengan Bus di Kebumen, Inilah Tips Cara Menyalip Mobil Dengan Benar

otomekanik.ID – Toyota Avanza tabrakan dengan bus di Kebumen dan menewaskan 7 orang penumpangnya. Oleh sebab itu, inilah tips menyalip mobil dengan benar. Kok jadi urusan dengan salip menyalip bro?

Menurut polisi, kecelakaan terjadi saat Toyota Avanza berusaha menyalip sebuah truk dan bertabrakan dengan bus dari arah berlawanan.

Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Center (RDC) coba menjawab permasalahan satu ini lewat materi yang diajarkan pada instansinya.

(BACA JUGA: Toyota Avanza Tabrakan Dengan Bus di Kebumen, Tujuh Orang Tewas, Apa Sebabnya Bro?)

“Ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum menyalip. Yaitu pastikan aman, pastikan boleh, pastikan perlu, dan pastikan mampu,” sebutnya.

Pertama, pastikan aman. Cek kembali dari spion apakah ada kendaraan dari belakang yang ikut menyalip. Begitu juga dari arah depan, pastikan tidak ada kendaraan yang berkecepatan tinggi.

Bila kosong, silakan lewati kendaraan di depan elo. Oh iya, tapi pastikan juga ada ruang yang cukup untuk kembali ke lajur elo.

(BACA JUGA: Usia Sudah Setahun, Inilah Checklist Perawatan Sistem Injeksi Yamaha Nmax)

Kedua, pastikan boleh. Artinya saat menyalip elo nggak boleh melanggar rambu-rambu yang ada bro. misalnya tidak melintasi marka jalan membujur utuh atau rambu larangan mendahului.

Karena aturan tersebut dipasang pasti ada tujuannya. Seperti di area-area yang dilarang mendahului seperti tikungan, jembatan atau tanjakan.

Ketiga, pastikan perlu. Maksudnya, kalau elo lagi berkendara santai atau nggak terburu-buru, perlukah menyalip?

“Kalau nggak perlu mendahului ya jangan mendahului. Jangan memiliki mental berkompetisi dengan pengendara lain,” ujar Marcell.

(BACA JUGA: Harga Wuling Confero Hanya Rp 128,8 Juta, Inilah Pilihan Mobil Baru Lain Dengan Harga di Bawah Rp 130 Juta)

Dan terakhir, pastikan mampu. Saat ingin mendahului posisikan gigi yang tepat, jangan taruh di gigi paling tinggi ya. Supaya mobil punya momentum buat meningkatkan kecepatan.

Dan sekali lagi, pastikan kondisi aman ya bro.

Marcell juga mengatakan, saat di jalan kita bertemu dengan beragam karakter pengemudi. Hal ini berhubungan dengan kesempatan kita saat mendahului.

“Karena di jalan kita akan menemui pengemudi lain yang jahil, (seperti) dengan tidak memberikan jalan saat kita akan kembali ke lajur kita,” tutupnya.

(BACA JUGA: Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?)

Oleh karena itu, selalu jaga emosi di jalan ya bro. Selalu ingat ke-4 pedoman “Pastikan” di atas saat ingin menyalip.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: mcmahanlawfirm.com

 

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr