Toyota Avanza Harus Takut Sama Wuling Confero dan Jokowi Ketimbang Mitsubishi Xpander, Ini Sebabnya Bro

otomekanik.ID – Toyota Avanza Harus Takut sama Wuling Cefiro dan Jokowi ketimbang Mitsubishi Xpander. Kedengarannya seperti becanda ya bro? apa urusannya sama pemimpin negeri ini? Bingung kan? Ternyata ini sebabnya bro.

Toyota Avanza benchmark jualan di kelas Small MPV Indonesia. Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander menjadi produk yang mencoba peruntungan di kelas ini yang mencapai market share terbesar hingga 28% dari total MPV yang mencapai 45%.

(BACA JUGA: Dengan Harga Rp 189 Jutaan, Ini Yang Elo Dapat Dari Mitsubishi Xpander Termurah, Sudah Oke?)

Mitsubishi Xpander terlihat sebagai penantang terkuat dari fenomena Avanza di Indonesia. Desain fresh menjadi kekuatan utama Xpander sebagai bintang pameran.

Persiapan yang cukup panjang, bikin Mitsubishi Xpander dapat mempelajari keunggulan kompetitornya dan memadu padankan untuk menjadi rival terkuat di kelasnya. Ibaratnya curi ilmu bro.

Konsep MPV dengan ketangguhan khas SUV yang merupakan DNA Mitsubishi hadir di Xpander. Ground clearance 205 mm dipadu kabin lapang menjadi daya tariknya.

(BACA JUGA: Bermain di Segmen Low MPV Yang Ketat, Berapa Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander?)

Penggerak roda depan pun diadopsi untuk mengoptimalkan kinerja mesin agar lebih efisien seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina.

Konsep penggerak ini sangat berbeda dengan Toyota Avanza yang pilih penggerak belakang. Hal ini didasari oleh kebutuhan konsumen daerah di Indonesia yang memerlukan keandalan saat menghadapi beragam medan seperti jalan menanjak atau rusak.

Sahihnya, Toyota Avanza sudah membuktikannya sejak pertama kali diluncurkan pada 2004.

Wuling Confero sebagai pendatang baru dari China pun mencoba peruntungan di kelas ini. Mengadopsi mesin 1.500 cc dengan penggerak roda belakang juga, confero ditawarkan dengan harga yang sangat murah, Rp 128 – 162 jutaan.

Punya pabrik Wuling di Indonesia adalah tanda produk negeri Tirai Bambu ini cukup serius ketimbang pendahulunya, seperti Gelly. Apalagi Wuling menargetkan 50 dealer akan tersedia hingga akhir 2017 ini. Nggak main-main nih bro.

(BACA JUGA: Punya Harga Rp 128,8-165,9 Juta, Inilah Spesifikasi Resmi Wuling Confero S di Indonesia)

Tapi semuanya masih perlu pembuktian, baik kemudahan dalam layanan aftersales hingga lembaga finance yang mampu men-support jualan. Begitu pun dengan keandalan produk. Waktu menjadi penentu kesuksesan Wuling di Indonesia.

Artinya, keberhasilan Wuling baru akan terlihat dalam dua tahun ke depan sehingga Toyota dapat mempersiapkan diri untuk melakukan action pada Avanza-nya. Bener nggak bro?

Nggak hanya Wuling yang patut diwaspadai, Toyota Avanza pun harus menimbang kinerja Jokowi dalam membangun infrastruktur di Indonesia. Dengan kata lain, kualitas jalan di daerah yang semakin baik, membuat keandalan yang dimiliki Avanza selama ini akan memudar dengan sendirinya.

Dimana mestinya Avanza dan Xenia memiliki pasar kuat di daerah ketimbang perkotaan.

(BACA JUGA: Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?)

So, eforia Mitsubishi Xpander diprediksi hanya terjadi di kota-kota besar, seperti kompetitor lainnya. Namun Wuling dan kinerja Jokowi dalam dua tahun mendatang, menjadi penentu kelangsungan hidup Avanza kedepannya.

Mengingat Avanza merupakan produk yang dapat diterima oleh konsumen perkotaan dan daerah. Dan Wuling punya tawaran yang menggiurkan yang bisa bikin Toyota Avanza kelimpungan.

Only time will tell bro. Btw, gimana menurut elo?

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: Dhany Ekasaputra

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr