Spesifikasi Toyota Hilux Terbaru Dengan Mesin Diesel Toyota Fortuner

otomekanik.ID – Nggak hanya perubahan eksterior tapi juga penggantian mesin khusus tipe 4×4 dilakukan pada Toyota Hilux terbaru. Berikut adalah spesifikasi Toyota Hilux terbaru yang pakai mesin diesel Toyota Fortuner.

Mesin berkode 2GD-FTV gantikan mesin lama 2KD-FTV yang selama ini dipakai seluruh tipe Toyota Hilux. Namun saat ini khusus tipe 4×4, TAM menggantinya dengan mesin yang juga dipakai oleh Toyota Fortuner tersebut.

Hanya model single cabin yang masih pakai mesin lawas.

(BACA JUGA: Inilah Harga Toyota Hilux Terbaru Yang Pakai Mesin Diesel Canggih Toyota Fortuner)

Mesin berkapasitas 2.393 cc ini punya tenaga maksimum lebih tinggi hingga 5 PS. Bila mesin lama hanya 144 PS pada 3.400 rpm, mesin baru ini mampu mengempaskan daya 149,6 PS di 3.400 rpm.

Nggak cuma tenaga, torsi maksimum Toyota Hilux terbaru ini juga meningkat. Dari 35 Kgm pada 1.600-2.800 rpm menjadi 40,8 Kgm di 1.600-2.000 rpm. Selain itu mesin 4 silinder segaris berjenis DOHC ini juga sudah mengadopsi teknologi turbo VNT Intercooler.

Transmisi pun turut diganti untuk menunjang performa mesin 2GD-FTV termasuk meningkatkan efisiensi bahan bakan. Untuk transmisi manualnya kini menggunakan model RC60 sedangkan transmisi otomatis 6-speed untuk varian V.

(BACA JUGA: Inilah Tips Pakai Kartu E-toll di Gerbang Tol Otomatis, Jangan Sampai Bikin Masalah Bro)

Pelek dan roda Hilux terbaru seluruhnya menggunakan roda berukuran 265/65 R17. Masih sama dengan model lama yang cukup andal untuk kondisi on road maupun off road.

Pada eksterior yang paling terlihat perubahannya adalah tidak adanya air scoop pada kap mesin. Untuk dimensinya seluruh varian Toyota Hilux 4×4 baik Extra Cabin maupun Double Cabin (E,G dan V) sekarang punya dimensi yang sama. Panjang 3.335 mm, lebar 1.885 mm dan tinggi 1.815 mm.

Toyota Hilux terbaru juga kian kokoh dengan body structure dan suspensi yang dikembangkan untuk menopang beban berat serta melalui medan berat off-road.

(BACA JUGA: Bahaya Bro, Jangan Pasang Sembarangan 10 Aksesori Ini di Mobil!)

Khusus untuk varian Double Cabin 4×4 sudah dilengkapi dengan fitur differential lock untuk melintasi jalanan yang menantang.

Fitur modern Hill Start Assist (HSA) turut disematkan khusus untuk varian V saja. Fitur ini berfungsi mengatur kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat sedang menanjak. Minat bro?

Penulis : M. Edisaputra

Foto: Toyota Astra Motor

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr