Selisih Harga Rp 140 Jutaan, Elo Pilih Volkswagen Tiguan atau Honda CR-V Turbo?

otomekanik.ID – Volkswagen Tiguan baru saja diluncurkan di GIIAS 2017. Kalau melihat speknya sih, mobil ini cocok banget dibandingin sama rival sekelasnya di segmen Medium SUV kayak Honda CR-V Turbo. Dengan selisih harga Rp 140 jutaan, elo pilih Volkswagen Tiguan atau Honda CR-V Turbo bro?

Volkswagen telah umumkan generasi kedua dari Tiguan ini dijual Rp 590 juta off the road. Kalau kita tambahkan Ppn sekitar 10 persen dari harga tersebut, berarti on the road-nya jadi sekitar Rp 650 jutaan bro.

Artinya Volkswagen Tiguan lebih mahal sekitar Rp 140 jutaan dari Honda CR-V Turbo termewah, yang dihargai Rp 506 juta. So, oke nggak harga segitu?

(BACA JUGA: Honda NSX Akhirnya Masuk Indonesia, Minat? Ini Harganya Bro)

Elo bisa dapet apa aja dari SUV Jerman itu? Soalnya elo bisa bawa pulang sebuah MPV LCGC sekelas Toyota Calya hanya bermodalkan selisih harga tersebut.

Volkswagen klaim Tiguan baru punya dimensi eksterior maupun interior yang lebih besar dari pendahulunya. Meski begitu bobotnya justru berkurang 50 kg, berkat penggunaan platform baru yang disebut MQB (modular transverse matrix).

Platform baru ini turut membuat jarak sumbu rodanya bertambah 77 mm, yang menghasilkan ruang kabin lebih lega. Pun begitu dengan ruang bagasi, yang bertambah 145 liter lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

(BACA JUGA: Raffi Ahmad Belum Bayar Pajak Mobil Mewah, Inilah Deretan Mobil dan Motor Miliknya, Nomor 3 Paling Kenceng!)

Satu kekurangan Tiguan dibanding CR-V Turbo adalah kapasitas penumpang. SUV andalah Honda ini sudah pakai kursi belakang sebagai standar.

Hal ini tentu berefek pada daya angkut penumpang yang bisa diisi sampai 7 orang bro. Emang sih pada kenyataannya tuh bangku baris ke-3 lebih banyak nganggur. Tapi itu jadi benefit Honda CR-V.

Nah soal fitur, Tiguan patut berbangga. Pada bagian kokpit Tiguan sejumlah sentuhan premium hadir, bikin betah berlama-lama di mobil nih bro.

(BACA JUGA: Punya Harga Rp 1 Miliar Kurang Sedikit, Inilah Spesifikasi Teknis dan Fitur Honda Civic Type R)

Bicara kualitas buatan, produk Jerman dikenal solid dan berkelas. Ditambah ada ambient light yang dapat mengubah warna suasana kabin sesuai mood empunya.

Kemudian ada Park Assist, yang bisa jadi asisten pengemudi buat parkir paralel secara otomatis. Di samping itu, Tiguan juga udah punya Area View Camera, yang bisa lihat sekeliling secara 360 derajat. Wah, ngebantu banget nih buat elo yang doyan nge-mall.

Tiguan baru juga didukung Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan mode berkendara normal, sporty, ataupun comfort. Sistem ini memungkinkan suspensi untuk mengatur sistem suspensi secara elektronik sesuai pilihan pengemudi.

(BACA JUGA: Ulang Tahun ke-17, Dul Dapat Hadiah Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line Dari Bunda Maia Estianty)

Sekarang saatnya bahas dapur pacu yang digunakan kedua mobil tersebut. Di balik kap mesin Tiguan baru terdapat unit 1.400 cc TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 152 dk serta torsi 250 Nm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan kopling ganda (DSG) plus triptonic. Volkswagen mengklaim Tiguan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9,2 detik.

Sementara itu Honda CR-V Turbo menggunakan basis mesin serupa dengan Honda Civic Turbo. Yakni unit 4-silinder berkapasitas 1.498 cc DOHC VTEC Turbo yang bertenaga 187 dk dan torsi 240 Nm. Sedangkan transmisi sudah CVT.

(BACA JUGA: Punya Harga Rp 232,5-272,5 Juta, Inilah Perbedaan Honda Jazz Terbaru Dengan Model Lawas)

Kalau dilihat dari data spek teknisnya sih, Honda CR-V menjanjikan tenaga yang lebih besar nih bro. Ditambah daya angkut penumpang yang lebih banyak jadi nilai lebih.

Meski begitu Tiguan juga nggak kalah saing. Apalagi fitur-fiturnya setara mobil premium, yang pakai teknologi canggih serta bisa diatur lebih personal. Plus, image produk negeri Bavaria bro.

Memang sih, masih ada poin plus-minus lain dari keduanya yang nggak bisa dijabarkan semua di sini bro. Nah, sekarang kembali lagi ke elo, selisih harga Rp 140 jutaan itu sesuai sama ekspektasi apa nggak.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: Dio Dananjaya

Artikel ini sekaligus sebagai revisi dari artikel sebelumnya dengan data harga yang kurang lengkap dan akurat, dengan judul: Volkswagen Tiguan Baru, Mobil Eropa Dengan Harga Beda Tipis Sama Honda CR-V Turbo.

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr