Review Kayaba Zeto Tabung di Yamaha Nmax. Gimana Rasanya ya Bro?

otomekanik.ID – #TouringLagi Jakarta – Bandung bersama Journalis Max Community dimanfaatkan otomekanik.ID untuk mereview Kayaba Zeto tabung khusus Yamaha Nmax. Penasaran dengan performanya?

“KYB Zeto merupakan tipe yang dikembangkan berdasarkan masukan dari para pengguna Yamaha Nmax yang menginginkan up-grade dari sokbreker standarnya,” terang Rio Sanggau, Chief Executive Marketing – Astra Otoparts.

Panjang sokbreker KYB Zeto tabung – 336 mm – telah disesuaikan dengan kebutuhan pada Yamaha Nmax dengan jarak main suspensi (travel suspension) mencapai 80 mm.

Dari penampakannya, KYB Zeto tabung mengadopsi per progresif bro. Maksudnya, ada bagian per yang rapat dan renggang. Jadi saat beban ringan, per yang lebih rapat akan bekerja lebih dahulu, lalu semakin berat maka per yang rengang baru mulai bekerja. Jadi sokbreker ini akan lebih fleksibel untuk berkendara sendiri atau berboncengan.

Meski per sudah progresif, pengaturan preload (kekerasan per) pun tetap diberikan oleh KYB Zeto tabung. Pengaturannya sendiri berada di sisi atas per dengan cara diputar. Jika diputar searah jarum jam, maka per akan semakin keras. Kayaba juga menyediakan pen pengunci dengan penggunakan kunci L. Tujuannya, tentu agar setelan preload tidak berubah-ubah ketika digunakan.

Dengan bobot pengendara 75 kg, berikut dengan barang bawaan di belakang, preload pun diputar sebanyak 2x dari titik terempuk (soft).

Tapi saat dites dengan tambahan penumpang di belakang, ayunan suspensi pun sempat mentok hingga batas terendah. Hal ini terdeteksi dengan posisi karet damper di batang sokbreker yang berada di posisi paling bawah. Artinya, 3x putaran setelan preload merupakan pilihan yang lebih bijak, meski konsekuensinya saat sendiri, ayunan suspensi terasa lebih keras.

Saat diajak manuver di jalan berliku dengan sedikit bergelombang pun, sokbreker tetap mampu menjaga daya cengkeram ban tetap optimal. Bahkan di rute jalan beton sekalipun, KYB Zeto tabung mampu meredam permukaan jalan dengan cukup baik.

Peran tabung yang berisi gas Nitrogen pun mampu menjaga kinerja sokbreker, meski digunakan terus menerus selama 6 jam perjalanan. Sifat gas Nitrogen yang dingin, mampu menjaga kekentalan oli sokbreker KYB Zeto tabung.

“Setelah sukses merilis sokbreker KYB Zeto non-tabung untuk Yamaha Nmax, kini Kayaba mengembangkan versi Zeto tabung dengan performa yang lebih baik lagi” tambah Yandi Hermanto selaku Product Manager KYB – Astra Otoparts.

Jika dibandingkan dengan sokbreker standar Yamaha Nmax, KYB Zeto memang memiliki rebound yang lebih baik lantaran mengadopsi diameter tabung sokbreker yang lebih besar. Namun dalam kondisi tertentu, gerakan ke atas (rebound) sokbreker mengeluarkan bunyi ‘bletak’. Ini menjadi sedikit keluhan yang ditemui otomekanik.ID.

Untuk harga, KYB Zeto tabung dijual Rp 2,41 juta sedangkan KYB non tabung Rp 1,05 juta dan tersedia dengan pilihan warna per hitam, merah dan putih. Tertarik?

Penulis : Dhany Ekasaputra

FOTO : Dhany Ekasaputra

 

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr