Launching Toyota All New Rush 2018. Ini Perubahannya Bro!

Otomekanik.ID – PT Toyota Astra Motor akhirnya me-launching Toyota All New Rush 2018 (23/11). All New Rush kini menjadi pilihan baru untuk keluarga Indonesia, lantaran telah mengadopsi 7 seaters sesungguhnya.

DNA sebagai Real SUV diklaim Toyota tetap dipertahankan. Tapi apalah sebuah nama, lantaran genre MPV pun kini mulai bermain ke ranah SUV, seperti yang dilakoni oleh Mitsubishi Xpander.

Apapun jenisnya, konsumen tetap diuntungkan, karena kian memiliki banyak pilihan mobil keluarga berdimensi kompak dengan mesin 1.500 cc. Atau malah bikin pusing ya bro?

Biar gak pusing, kita fokus kedaya tarik dari All New Rush 2018 yang tersedia dalam dua tipe; G dan TRD Sportivo bro.

DIMENSI LEBIH PANJANG

Dibandingkan pendahulunya, All New Rush 2018 yang berbagi sasis dengan Toyota Avanza ini mengalami penambahan panjang yang cukup signifikan, yakni hingga 23 cm bro. Jadi panjangnya sekarang mencapai 4.435 mm. Untungnya, lebar dan tingginya masih sama dengan pendahulunya – 1.685 dan 1.705 mm. Jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm. Jadi, pastikan pagar di garasi rumah bisa tertutup ya…

Perubahan dimensi ini, wajar kalo interior All New Rush 2018 kian lapang. Jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush 2018 mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan sebelumnya.

Posisi ban serep di kolong pun turut menyumbang interior yang lebih lapang tentunya.

FITUR SAFETY

Seatbelt 3 titik dengan 7 headerest, tersedia untuk seluruh penumpang. Airbags pun kini berjumlah 6 buah. Mantap kan bro?

Untuk fitur keselamatan aktif, All New Rush 2018 gak hanya dilengkapi ABS (Anti-lock Brake System), tapi sudah mengadopsi VSC (Vehicle Stability Control) meski rem belakang masih menggunakan jenis tromol. Artinya, kinerja celah antara kampas dan tromol kini gak lagi bersifat mekanikal, biar VSC dapat bekerja optimal.

FITUR KENYAMANAN

Ini menjadi bagian utama dari ‘selling poin’ sebuah kendaraan. Soalnya, bagian inilah yang dapat langsung dirasakan pemilik mobil.

Bagi pengendara, fitur Hill Start Assist Control (HSA) membantu pengemudi awam saat bermacet-macet ria di jalan menanjak. AC double blower yang kini diatur secara digital, tentu menjamin kesejukan merata di seluruh kabin.

Smart entry membuat mobil kian aman lantaran telah menggunakan start stop button. Kamera parkir pun telah menjadi kelengkapan standar.

Fitur entertainment, All New Rush 2018 dilengkapi DVD AVX 7 dengan surround audio system  8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker untuk tipe G. Bahkan power slot hadir di tiap baris bangku untuk tipe TRD Sportivo. Gak perlu rebutan lagi bro kalo ‘ngecas’ HP.

All New Rush hadir melalui riset dan survei yang mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat Indonesia,” kata Chief Engineer, Eiji Fujibayashi saat peluncuran All New Rush di Jakarta.

MESIN

Berbagi sasis dengan Toyota Avanza, membuat penggerak belakang dan mesin pun diadopsi dari tipe serupa. Mesin 2NR dengan teknologi Dual VVT-i dipercaya untuk menggantikan mesin lawasnya.

Serupa dengan Toyota Avanza, dapur pacu All New Rush juga mengalami defisit tenaga 5 ps dari sebelumnya 109 ps. Begitu pun dengan torsi yang terpangkas menjadi 136 Nm. Dipadu dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan bobot kendaraan bertambah, otomatis performa dari SUV Toyota ini diprediksi akan terasa lebih halus alias tidak seagresif pendahulunya.

SUSPENSI

All New Rush 2018 dilengkapi batang stabiliser di roda depan dan belakang. Hal ini tentu menjadi komponen wajib, mengingat ground clearance-nya yang mencapai 220 mm.

Untunglah bobot kendaraan yang bertambah berat diprediksi dapat membuat bantingan suspensi menjadi lebih lembut. Pasalnya, sasis Toyota Avanza terbaru memang dirancang lebih kaku, untuk memperoleh tingkat kestabilan yang lebih baik.

Kebayang kan bro, sasis lebih kaku dipadu dengan batang stabilizer di roda depan dan belakang, kalo berat mobil masih sama dengan pendahulunya yang cuma 1.190 kg, pasti suspensi bakalan keras. Kecuali spring rate dibikin empuk, tapi konsekuensinya mobil jadi limbung.

Dengan beragam perubahan ini, Toyota All New Rush 2018 akan dijual lebih mahal sekitar Rp 3 juta dari pendahulunya. Artinya mulai dari 240 jutaan. tertarik gak bro?

Penulis : Dhany Ekasaputra

Sumber : Toyota Astra Motor

FOTO : Toyota Astra Motor

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr