Jelang Akhir Tahun, Persaingan Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport Semakin Panas

otomekanik.ID – Sebagai rival abadi, pertarungan dua model Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport nggak pernah berhenti. Jelang akhir tahun, persaingan keduanya semakin panas dalam hal penjualan.

Berdasarkan data Gaikindo yang dikutip dari Kompas.com, selama 9 bulan 2017, penjualan keduanya mengalami hasil negatif. Toyota Fortuner penjualannya minus 16,95 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Mitsubishi Pajero Sport sedikit lebih beruntung karena hanya menurun 2,78 persen saja. Walaupun secara total, Toyota Fortuner masih menduduki posisi teratas.

Total penjualan Toyota Fortuner mencapai 17.771 unit, sementara Mitsubishi Pajero Sport sebanyak 13.826 unit. Jika dilihar dari grafik wholesales, penjualan Toyota Fortuner terlihat fluktuatif.

Sedangkan SUV milik Mitsubishi justru mengalami tren kenaikan terutama di kuartal ketiga tahun ini. Pencapaian Mitsubishi Pajero Sport bahkan mampu melewati penjualan Toyota Fortuner pada bulan 9.

Ini merupakan kali kedua Pajero menyusul Fortuner, dimana yang pertama terjadi pada Maret 2017. Saat itu selisihnya 110 unit, sedangkan September 2017 Mitsubishi memperlebar jarak keunggulan menjadi 171 unit.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, produk dan penjualan menjadi strategi untuk bisa berkompetisi.

“Sebenarnya dari sisi Pajero sendiri, kami mengeluarkan model CKD dengan peningkatan spesifikasi. Kami juga sukses dengan limited edition pertama, dan yang kedua juga cukup punya hasil positif. Jadi produknya sendiri semakin bisa diterima konsumen,” ujar Irwan, dikutip dari Kompas.com (7/11/17)

Apakah pencapaian positif ini bisa konsisten diperoleh sampai akhir tahun? Irwan masih belum mau terlalu optimis. Dirinya menyebut, kalau itu masih harus melihat bagaimana kondisi pasar.

(BACA JUGA: Viral Video Kecelakaan di Jalan, Asuransi Bisa Tolak Klaim Mobil Yang Terlibat Kecelakaan Tersebut)

(BACA JUGA: Pusing Antara Pilih Beli Mobil Dengan Mesin Diesel atau Bensin? Ini Kisi-kisi Jawabannya Bro)

(BACA JUGA: Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?)

Penulis: M. Edisaputra

Foto: www.oto.com

 

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr