Jangan Bilang Mobil Elo Irit Kalo Belum Tahu Ini Bro!

otomekanik.ID – Banyak lho yang bilang mobil A lebih irit BBM ketimbang mobil B. Patokannya hanya info dari Multi Information Display (MID) yang saat ini sudah menjadi kelengkapan mobil modern atau berdasarkan pengukuran saat mengisi BBM di SPBU.

Sebenarnya, hal itu hanya mewakili konsumsi BBM dari si pemilik mobil, bukan menjadi data acuan untuk membandingkan dengan mobil sejenis lainnya.

Karena saat membandingkan dengan konsumsi BBM dari mobil berbeda, otomatis kondisi lalu lintas dan cara berkendara, wajib mendapat perlakuan serupa.

Kecepatan rata-rata menjadi kunci kesetaraan yang paling pas. Soalnya, hasil pengukuran akan berbeda jika mobil lebih sering melewati kemacetan dengan mobil yang sering diajak pelesir keluar kota.

Bahkan pemilihan jam kerja pun turut mempengaruhi pengeluaran operasional dalam membeli bahan bakar.

Nggak percaya? Coba lihat Google Maps saat jam sibuk (06.30 – 10.00) dengan menjelang siang (10.00 – 12.00). Umumnya waktu tempuh akan lebih singkat saat berkendara di luar jam sibuk.

Artinya, kecepatan rata-rata sangat mempengaruhi hasil dari penggunaan bahan bakar di mobil. Karena kecepatan rata-rata di lalu lintas Jakarta sudah sangat padat atau berada kisaran 10 – 20 km/jam.

Inilah yang membuat konsumsi BBM di tiap kota akan berbeda, alias tergantung dari kondisi lalu lintas di tempat tersebut.

Silakan cek AVG Speed di MID mobil elo. Karena kecepatan rata-rata mulai diukur saat mesin distarter, dimana kondisi tersebut, mesin memerlukan bahan bakar agar dapat bekerja.

Selain itu, cara berkendara agresif sudah tentu akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Nah, jangan bilang mobil elo irit BBM lagi ya kalo nggak mencantumkan kecepatan rata-ratanya berapa.

(BACA JUGA: Viral Video Kecelakaan di Jalan, Asuransi Bisa Tolak Klaim Mobil Yang Terlibat Kecelakaan Tersebut)

(BACA JUGA: Pusing Antara Pilih Beli Mobil Dengan Mesin Diesel atau Bensin? Ini Kisi-kisi Jawabannya Bro)

(BACA JUGA: Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?)

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: Dhany Ekasaputra

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr