Inilah Tips Ganti Air Wiper, Bolehkah Pakai Shampo?

otomekanik.ID – Ketika mengisi air wiper, banyak orang yang masih gunakan air biasa atau shampo. Sebetulnya harus diisi apa ya bro? Mari kita simak artikel Tips Ringan (tipring) berikut ini, tips ganti air wiper.

Ahmad Syaufii, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan sah-sah saja mengisi reservoir wiper dengan air maupun shampo.

Sebab nggak ada aturan khusus untuk menyeka kotoran di kaca.

(BACA JUGA: Usia Sudah Setahun, Inilah Checklist Perawatan Sistem Injeksi Yamaha Nmax)

“Yang masalah itu di dalam air ada kandungan apa, di shampo mengandung unsur apa, itu yang bisa bikin masalah,” tanyanya.

“Makanya washer fluid keluaran pabrikan masih jadi rekomendasi,” sebut Syaufii.

Pria berkaca mata ini juga mengatakan kalau kandungan dalam shampo selain bisa menggumpal juga bisa bikin bercak di cat maupun kaca.

“Washer fluid keluaran pabrikan fungsinya bukan cuma bersihin kaca, tapi juga aman buat komponen lain. Seperti cat, kaca, besi-besi, dan lainnya,” ujarnya.

(BACA JUGA: Raffi Ahmad Belum Bayar Pajak Mobil Mewah, Inilah Deretan Mobil dan Motor Miliknya, Nomor 3 Paling Kenceng!)

Mungkin kalau kepepet lain cerita ya bro. Tapi usahakan tetap gunakan washer fluid ya, biar semua komponen mobil aman. Nggak ada yang bermasalah, biar kerjanya optimal.

Nah kalau elo sudah siapkan washer fluid, kini tinggal buka kap mesin lewat tuas di dekat kemudi.

Lalu buka tabung reservoir, kemudian campurkan cairan washer fluid ke dalamnya. Tutup lagi deh, simpel.

Oh ya, pastikan juga untuk mendahulukan air keluar sebelum wiper diaktifkan. Soalnya bisa bikin baret bro kalau kondisi kaca lagi kering.

Kalau sudah, mobil bisa dipakai lagi lewat kondisi jalan apapun. Selamat mencoba bro.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: hardwarezone.com

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr