Inilah Spesifikasi Chopperland, Motor Kustom Lokal Yang Dicoba Presiden Jokowi

otomekanik.ID – Inilah spesifikasi Chopperland, motor kustom lokal yang dicoba Presiden Jokowi saat perayaan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Sabtu (28/10/17).

Dikutip dari Kompas.com (28/10/17), motor kustom itu bernama Chopperland, hasil kreasi metode baru pembuatan motor kustom dari dua builder lokal.

Kedua builder itu adalah Kick Ass Chopper dan Elder Garage.

Founder Elder Garage Heret Frasthio menjelaskan, Chopperland dibuat menggunakan sasis kustom yang menggendong mesin Royal Enfield Bullet 350cc.

Mesin itu punya 1-silinder dengan busi ganda berkapasitas sebenarnya 346cc. Tenaga bawaan pabrik 19,8 tk dengan torsi 28 Nm, semua kemampuannya disalurkan transmisi 5-percepatan.

“Jadi, motor ini adalah kampanye proyek kami dalam wacana menemukan bisnis model baru, dengan menyiapkan semua suku cadang hingga pembuatan motor kustom cuma butuh waktu satu bulan,” kata Heret, saat KompasOtomotif hubungi.

(BACA JUGA: Inilah Tips Pakai Kartu E-toll di Gerbang Tol Otomatis, Jangan Sampai Bikin Masalah Bro)

(BACA JUGA: Pusing Antara Pilih Beli Mobil Dengan Mesin Diesel atau Bensin? Ini Kisi-kisi Jawabannya Bro)

(BACA JUGA: Kulik Mesin Wuling Confero S, Benar Nggak Ia Pakai Mesin Chevrolet Spin?)

Menurut Heret, pembuatan motor kustom biasanya membutuhkan waktu lama, bisa berbulan-bulan atau bahkan sampai tahunan. Salah satu faktor yang bikin lama, yakni menemukan suku cadang yang diinginkan.

Cara baru dengan menyediakan segala suku cadang yang diperlukan menjadi solusi buat konsumen yang mau motor kustom, namun tidak mau menunggu waktu lama. Heret mengatakan semua suku cadang, kecuali mesin, dibuat lokal.

“Kami sudah mempersiapkan sistem kerja, misalnya sasis, footstep, setang, apa saja ada asal untuk motor di bawah 500cc,” ucap Heret.

Chopperland sendiri dibuat hanya dalam waktu satu bulan. Suku cadang kustomnya menggunakan barang-barang ready stock.

Penulis: Susanto Ari P

Foto: IG @heretf

Sumber: Kompas.com

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr