Inilah 8 Hal Teknis Seputar Mobil Yang Wanita Harus Tahu, Biar Nggak Ribed Bro

otomekanik.ID – Banyak hal sepele nggak dipahami kaum hawa perihal mobil dan cara merawatnya. Bahkan sampai hal ringan seperti cek tekanan angin ban. Nah, inilah 8 hal teknis seputar mobil yang wanita harus tahu. Biar nggak ribed bro.

Nggak dapat dipungkiri, wanita cenderung abai urusan teknis kendaraan. Mereka biasanya tahunya nyetir saja. Urusan perawatan jadi tanggungjawab pasangan atau bengkel.

Padahal, banyak hal ringan yang mesti dipelajari dulu sebelum pasangan elo nyetir mobil. Contoh, bagaimana cara menyalakan lampu hazard? Atau cara mengukur tekanan angin ban.

Sederhana banget kan bro? Tapi bakal jadi masalah kalau mereka nggak paham ilmunya. Nah, biar pasangan elo nggak kudet, inilah 8 hal dasar yang wajib dipahami oleh kaum hawa tersebut, seperti dikutip dari Detik.com (21/10/17).

1. Cara menyalakan lampu hazard

Lampu hazard merupakan salah satu hal yang penting saat sedang berkendara apalagi saat sedang mengalami kondisi darurat. Lampu ini dinyalakan ketika mobil tiba-tiba mogok di jalan atau si pengendara mengalami hal darurat lain seperti pecah ban di tengah jalan.

Penting bagi para wanita mengetahui dimana lenggak tombol lampu hazard karena setiap pabrikan melenggakkannya berbeda-beda.

2. Cara mengecek tekanan ban

Mengecek tekanan menjadi hal penting sebelum seseorang berkendara. Tentunya berbahaya mengendarai mobil jika tekanan ban kurang atau lebih dari seharusnya.

Tekanan ban bisa diukur menggunakan alat pengukur dan bisa dilakukan sendiri. Angka tekanan tersebut dicocokan dengan tekanan ban yang dianjurkan, bisa dilihat di bagian dalam pintu samping pengemudi.

3. Cara mengisi angin ban

Jika elo menyadari tekanan ban mobil terasa kurang, elo harus segera mengisinya. Untuk berjaga-jaga bisa membeli kompresor portabel agar bisa berfungsi saat ban mobil kurang angin di kondisi jalanan sepi.

Sembari mengisi, perhatikan juga apakah ada telo-telo kebocoran pada ban mobil. Atau kalau nggak mau repot, bisa isi di pom bensin.

4. Cara mengisi air wiper

Melihat kaca jendela yang kotor dan berdebu pastinya menganggu pelongan saat menyetir. Saat ingin membersihkannya dengan wiper ternyata airnya habis tentu bisa jadi berbahaya. Pastikan mengeceknya secara reguler sehingga nggak kehabisan air wiper.

5. Cara ganti ban

Mengetahui cara mengganti ban menjadi salah satu hal yang penting bagi seorang wanita. Apalagi saat sedang menyetir sendirian dan nggak tahu harus meminta bantuan siapa ketika ban pecah.

Cara mengganti ban bisa dilihat di berbagai video yang tersebar di Youtube. Atau bisa meminta ajarkan oleh kerabat terdekat.

6. Cara buka kap mesin

Ada beberapa wanita yang memang benar-benar hanya bisa mengendarai mobil saja, bahkan untuk membuka kap mesin saja nggak tahu. Cara membuka kap mesin setiap mobil berbeda-beda, pengendara bisa mengeceknya di buku manual pada mobil.

7. Belajar paham suara aneh di mobil

Kaum wanita biasanya suka mengabaikan bunyi-bunyi aneh pada mesin mobil. Sebaiknya jika ada sesuatu hal yang nggak biasa pada mobil segera membawanya ke bengkel sebelum nantinya memicu kerusakan yang lebih parah dan bisa membahayakan keselamatan si pengendara.

8. Cara mengecek oli

Nggak semua wanita mengetahui cara mengecek oli di mobil. Jika hendak mengganti oli acuaannya adalah tanggal ganti oli terakhir yang biasanya tertera di mobil.

Padahal nggak ada salahnya tahu apakah oli harus sudah diganti atau yang kedua mengisinya.

Jika level oli rendah elo bisa menambahkannya hingga telo batas yang terlihat. Pastikan juga oli nggak bocor dengan melihatnya ke bawah mobil ketika mobil sedang terparkir.

(BACA JUGA: Bahaya Bro, Jangan Pasang Sembarangan 10 Aksesori Ini di Mobil!)

(BACA JUGA: Inilah Tips Pakai Kartu E-toll di Gerbang Tol Otomatis, Jangan Sampai Bikin Masalah Bro)

(BACA JUGA: Jadi Model Paling Laku, Inilah Harga Wuling Confero S Tipe L di Indonesia)

Penulis: Susanto Ari P

Foto: www.carponents.com (headline), www.ign.com, vivaautorepairs.com.au, www.holtsauto.com

Sumber: Detik.com

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr