Biaya Operasional Tinggi, Inilah Tips Bikin Biaya Operasional Makin Rendah dan Mobil Lebih Efisien

otomekanik.ID – Pastinya pengin dong bro lebih irit, dengan meminimalisir biaya operasional mobil yang tinggi tersebut? Yuk kita simak ulasan berikut, tips supaya biaya operasional makin rendah dan mobil lebih efisien.

Tinggalkan Barang Nggak Perlu

Kurangi bobot dengan cara tinggalkan barang yang tak diperlukan. Ingat mobil bukan tempat penyimpanan bro, jadi cukup bawa barang yang bakal dibutuhin aja.

Cara ini efektif membuat bobot kendaraan makin ringan, alhasil kerja mesin jauh lebih ringan dan nggak perlu injak pedal gas dalam-dalam. Hal ini otomatis dapat menekan konsumsi bahan bakar.

(BACA JUGA: Pengen Nyicil Low MPV Mitsubishi Xpander? Ini Paket Kreditnya Bro)

Jaga Tekanan Angin Ban

Paling nggak periksalah tekanan angin ban satu minggu sekali. Untuk tekanannya, sesuaikan dengan spesifikasi yang direkomendasi pihak pabrikan.

Karena tekanan ban yang nggak sesuai bisa berpengaruh juga bro sama konsumsi bahan bakar maupun usia ban itu. Tekanan ban yang pas, juga akan menjaga daya tahan ban dari keausan yang nggak rata.

Perilaku Mengemudi

Hal ini juga ngaruh banget bro kalau dikaitkan sama biaya operasional mobil. Misalnya elo sering ngebut, atau rem secara mendadak.

Otomatis bahan bakar yang digunakan juga lebih boros, hal ini juga diikuti dengan kampas rem yang akan cepat habis.

(BACA JUGA: Bermain di Segmen Low MPV Yang Ketat, Berapa Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander?)

Saran kami sih kalau di dalam kota santai aja bro. Gas sedikit-sedikit saja. Kalau akan berhenti, dari jauh sudah tutup gas kemudian injak rem perlahan.

Sedikit banyak pasti berpengaruh bro sama efisiensi.

Pemilihan Bahan Bakar

Memilih bahan bakar sesuai spek yang dianjurkan juga bisa menghemat biaya operasional lho bro. Soalnya dengan bahan bakar sesuai anjuran, mesin akan bekerja pada titik optimalnya dan dapat menempuh jarak lebih jauh.

Selain itu, kondisi ruang bakar juga bersih sehingga memperpanjang usia komponen mesin.

Modifikasi Mobil

Wajar jika pemilik ingin mobilnya tampil menarik, beda dengan mobil lainnya. Makanya modifikasi kerap dilakukan agar menunjang hal tersebut.

Tapi salah satu contoh modifikasi yang dilakukan dengan mengganti pelek dengan ban berdiameter lebih besar dan lebar, berefek kurang oke nih.

(BACA JUGA: Mitsubishi Xpander Aman Lewati Banjir Setengah Roda, Ini Sebabnya Bro)

Hasilnya, di samping membuat konsumsi BBM lebih boros juga akan membuat umur bearing atau bantalan roda jadi cepat haus, yang pada akhirnya akan menambah biaya operasional yang sebetulkan bisa dihindari.

Jadi pilih modifikasi yang aman-aman ya bro.

Perawatan Kendaraan

Merawat kendaraan pribadi sebetulnya bisa dibagi menjadi dua kategori. Yaitu melalui servis rutin dan perawatan yang dilakukan oleh pemilik.

“Perawatan melalui servis rutin diperlukan untuk memeriksa atau memperbaiki bila diperlukan terhadap perubahan yang ada di mobil dan mengembalikannya ke posisi ideal,” sebut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator, Technical Service Division PT. Astra Daihatsu Motor.

(BACA JUGA: Mau Ganti Pelek Mitsubishi Xpander, Ini Ada Tips Ringan Bro)

Misalnya dengan wheel alignment agar pemakaian ban bisa lebih lama, dan menyetel pedal kopling agar usia komponen kopling jadi panjang.

Sementara perawatan yang dilakukan pemilik mobil mencakup mencuci mobil, membersihkan debu di interior, mengganti wiper yang sudah getas, atau mengecek kondisi air aki, agar usia pakai aki jadi lebih lama.

Semoga dengan mengikuti anjuran otomekanik.id, bisa bikin keren mobil elo bro. Soalnya mobil keren nggak harus boros bensin dan boros dalam pengeluaran lainnya kan.

Penulis: Dio Dananjaya

Foto: priotime.com

 

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr