First Review Honda Scoopy 2017, Pas Untuk Generasi Milenial Nggak Nih Bro?

otomekanik.ID – Pilihan motor matik Honda semakin beragam, setelah PT. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi terbaru dari Honda Scoopy. Kini motor matik bergaya retro modern ini tampil lebih stylish dan fashionable. Apa saja ubahan yang terjadi? Simak selengkapnya dalam rubrik Tes Otomekanik.ID kali ini.

Berbicara mengenai desainnya, pertama kita akan bahas soal pilihan warna. Motor matik yang meluncur pada Maret 2017 ini tersedia dalam tiga tipe warna; Sporty, Stylish, dan Playful. Untuk varian Sporty; ada sporty white, sporty red, dan sporty black. Sementara untuk varian Stylish; ada stylish matte brown dan stylish black. Sedangkan untuk varian Playful, tersedia dalam playful white green, playful white blue, dan playful cream.

Pemilihan warna dalam 3 tipe ini sengaja diberikan oleh PT. AHM supaya konsumen bisa bebas memilihnya sesuai selera. Bagi yang enerjik ada tipe Sporty. Lalu, untuk yang sudah matang cocoknya tipe Stylish. Dan yang masih berjiwa muda bisa pilih tipe Playful dengan warna-warna ceria. Sehingga totalnya ada 8 pilihan warna Bro! Banyak banget kan.

Ubahan paling kentara pada motor ini tentu pada lampu depannya yang kini terlihat makin kece dengan penggunaan projector headlamp berisi LED. Gak Cuma itu aja, Scoopy baru juga diberi lampu daytime running light (DRL) pada sekeliling lampu utamanya. Wih, keren Bro! Udah kayak lampu mobil.

Sementara itu, tampilan spidometer barunya juga terlihat makin segar dengan penambahan eco indicator seperti All New Beat. Kini bagian itu terpisah menjadi dua. Atas untuk spidometer dengan tampilan analog pakai jarum, sedang di bawah ada layar digital berisi odometer dan fuel meter.

Jika diperhatikan, di samping indikator bensin ada lampu merah yang merupakan lampu alarm. Alarm ini merupakan satu paket dengan fitur answer back system yang sama persis dengan kepunyaan Honda PCX. Alarm ini berbunyi jika motor terkena getaran atau kunci dipaksa dibuka.

Geser ke bawah setang, ada console box dengan power outlet untuk mengisi daya hape. Jadi tetap bisa berkomunikasi nih Bro kalau smartphone kehabisan baterai. Tinggal pasang charger aja! Urusan tempat penyimpanan. Scoopy terbaru masih menyediakannya di bawah jok dengan volume sebesar 15,4 liter. Fitur lainnya seperti layaknya skutik Honda, ada side stand switch, combi brake system, dan parking brake lock.

Pindah ke bagian buritan. Kini, lampu belakangnya juga mengalami ubahan desain nih. Sekarang jadi terlihat lebih dinamis, karena gak melulu bulat-bulat seperti desain lawas. Behel atau pegangan untuk pembonceng di belakang juga ikut menyesuaikan. Jika dulu dari bahan besi bulat dilabur krom, sekarang memakai bahan casting alumunium berwarna hitam.

Nah, bicara mengenai kaki-kakinya, terlihat kan kalo sekarang ban Honda Scoopy makin gede? Bener Bro. Diameter peleknya emang dikecilin jadi 12 inci, tapi ukuran bannya membengkak. Depan pakai 100/90-12, sementara belakang berprofil 110/90-12. Otomatis rasa berkendaranya berubah, kini buat melahap tikungan makin pede pastinya. Karena kontak ban ke aspal jadi makin lebar. Terlebih, ground clearance-nya juga naik sekitar 4 mm.

Sedangkan untuk riding position, masih identik dengan versi lawas. Untuk tinggi rata-rata orang Indonesia, posisi duduknya masih santai khas skuter matik. Dengan badan tegak serta posisi setang yang dekat dengan tubuh pengendara, sehingga memudahkan untuk riding dalam kota. Apalagi setangnya juga tergolong ringan.

Urusan mesin, Honda masih setia dengan unit eSP 108,2 cc berpendingin udara. Mesin ini bertenaga 9,1 PS/ 7.500 rpm, serta menghasilkan torsi 9,4 Nm/ 6.000 rpm. Meski masih identik dengan mesin lawas, tenaganya melonjak dibanding generasi sebelumnya. Coba bandingkan dengan Scoopy lama lewat spesifikasi yang tertera pada brosur. Terlihat ia memiliki power maksimal 8,52 PS/ 8.000 rpm dan torsi 8,68 Nm/ 6.500 rpm. Ternyata lumayan nambah kan bro!

Otomekanik.ID coba menganalisa dengan membandingkan kedua spek teknis Honda Scoopy generasi anyar dengan yang versi lawas. Tenaganya melonjak mungkin karena PT. AHM meningkatkan kompresi mesin Honda Scoopy. Dari awalnya 9,2:1, kini menjadi 9,5:1. Meski begitu kami tak yakin tenaganya akan terasa signifikan. Soalnya bobot Scoopy baru ini juga bertambah menjadi 99 kg, yang sebelumnya hanya 96 kg.

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr