Belajar Menu dan Fungsi Multi Information Display Nissan Evalia, Ternyata Cukup Informatif dan Canggih Loh

otomekanik.ID – Yuks mari kita belajar menu dan fungsi Multi Information Display (MID) Nissan Evalia bro. Ternyata cukup informatif dan canggih loh. Ini penjelasannya.

Multi Information Display atau sering disebut MID merupakan fitur standar di mobil modern. Tapi apakah elo dapat mengoptimalkan fitur ini?

Nissan Evalia jadi salah satu mobil yang punya informasi dan panduan paling lengkap dalam fitur ini – meski tidak termasuk ke dalam MPV premium. Apa saja informasi yang diberikan?

Saat pertama kali bertemu dengan Evalia ini di tahun 2012, layar mungil di sisi kanan panel instrumen ternyata menyuguhkan beragam informasi penting di dalamnya.

Nggak hanya takometer – tekan tombol di sisi kirinya – elo akan menemukan info konsumsi BBM real time. Klik berikutnya, info konsumsi BBM dan kecepatan rata-rata akan di tampilan.

Klik selanjutnya, waktu berkendara (engine hours) dan jarak tempuh. Lalu, informasi jarak yang dapat ditempuh dengan jumlah bahan bakar yang tersisa di dalam tangki akan di tampilkan pada info berikutnya.

Bila informasi di atas umum hadir di produsen mobil lain, klik berikutnya menjadi perbedaan signifikan untuk mobil sekelas Evalia.

Ada pilihan Alert – Maintenance – Clock. Di dalam pilihan Alert (Peringatan), elo dapat mengatur peringatan Speed Limiter, waktu perpindahan gigi (Shift Up) hingga peringatan waktu idle, agar pengemudi sadar mesin masih dalam kondisi ON setelah berhenti dalam waktu tertentu.

Lalu untuk info Maintenance (Perawatan), pemilik mobil dapat diingatkan untuk waktu penggantian oli berikut filter dan rotasi ban.

Sayangnya, saat melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, fitur ini nggak ikut dijamah oleh mekanik. Padahal, ini cukup penting bagi pemilik mobil.

Sedangkan Clock, pengemudi dapat langsung memantau jam via panel instrumen.

Keunikan lainnya, saat posisi tuas transmisi di R (Mundur), tampilan kamera akan hadir berikut dengan panduan jarak dan sensor parkir menyertainya.

Hal ini kian memudahkan MPV boxy ini saat hendak parkir di ruang terbatas.

Sungguh fitur menarik dan penting untuk sebuah kendaraan. Semua ini ternyata hadir di sebuah mobil keluarga yang notabene masuk ke dalam kelas Low MPV.

Bahkan di lini Nissan lainnya, info yang ditawarkan nggak selengkap milik Evalia.

(BACA JUGA: Jangan Ganti Oli Mesin Setiap 10.000 Km Kalo Elo Tinggal di Jakarta, Ini Sebabnya Bro)

(BACA JUGA: Bahaya Bro, Jangan Pasang Sembarangan 10 Aksesori Ini di Mobil!)

(BACA JUGA: Inilah Tips Pakai Kartu E-toll di Gerbang Tol Otomatis, Jangan Sampai Bikin Masalah Bro)

Penulis: Dhany Ekasaputra

Foto: Dhany Ekasaputra

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr