Astra Otopart Dukung #TouringLagi JMC. Tes Ban Pirelli Angle Scooter dan Aspira Premio bro!

otomekanik.ID – Astra Otopart dukung #TouringLagi Journalist Max Community menuju The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat (1-3/12). Dukungan ini juga dimanfaatkan oleh Astra Otopart untuk menguiji ukuran ban baru khusus Nmax – 120/70-13 dan 140/70-13 – Pirelli Angle Scooter dan Aspira Premio Spotivo. Gimana perfomanya nih bro?

“Kontur jalan menuju Bandung, Jawa Barat bisa dibilang cukup menantang, seperti ada jalan berpasir, aspal halus, aspal kasar, beton hingga panas terik matahari. Perjalanan ini menunjukkan kualitas ban Aspira Premio dan Pirelli Angel Scooter sekaligus membuktikan keawetan serta grip ban,” terang Ifan Martin selaku Head Tire & Tube Departement Domestic Marketing Division – Astra Otopart.

Untuk diketahui, kompon ban Aspira Premio dan Pirelli Angel Scooter sudah disesuaikan untuk kebutuhan Yamaha Nmax dengan bobot 127 kg dan kondisi jalan di Indonesia. Tujuan akhirnya tentu berujung pada komposisi daya cengkeram ban di segala kondisi jalan dan cuaca, serta usia pakai.

Hal ini pun dibuktikan oleh pembesut Yamaha Nmax Angga Marsanto – wartawan dari otorider.com – yang menggunakan ban Pirelli Angle Scooter di motornya. Ia sangat merasakan daya cengkeram yang optimal saat melakukan pengereman keras meski motor dalam kondisi miring di jalan menikung.

Begitu pun dengan Jayadi dari Zonabikers.com yang menggunakan Aspira Premio Sportivo. Menurutnya, dengan ukuran  ban yang lebih besar dari standarnya membuat motor menjadi lebih tinggi sehingga perlu sedikit adaptasi.

Kontruksi V pada ban depan Aspira Premio Sportivo memang membuat pengendara perlu sedikit adaptasi dalam riding style. Pasalnya, kontruksi ini membuat ban terasa lebih ringan lantaran bidang kontak ke permukaan saat motor berjalan lurus lebih sedikit dan kemudi cenderung kembali lurus setelah motor berbelok, seperti pakai power steering di mobil bro!

Kontuksi ini pula yang membuat motor seakan lebih mudah diajak miring sehingga perlu lebih bijak dalam menjaga kecepatan saat menikung. Dengan kata lain, pengendara lebih ‘pede’ untuk menambah kecepatan di tikungan.

Berbeda dengan ban belakang, kontruksi ban tetap di buat membulat lantaran perannya sebagai penggerak. Dengan kontuksi ini, bidang kontak ban ke jalan tetap dipertahankan di beragam sudut kemiringan.

Uniknya, kedua ban depan ini memiliki alur pattern seperti ban terbalik. Tujuan dari desain ini ternyata untuk mempercepat air terbuang ke sisi ban sehingga traksi tetap optimal saat melewati genangan. Lagi-lagi otomekanik.ID juga merasakan keunggulan ini saat kondisi hujan lebat sekalipun.

Untuk harga, Astra Otopart menjual Aspira Premio Sportivo dengan harga Rp 340 ribu (depan) dan Rp 440 (belakang). Sedangkan Pirelli Angle Scooter yang merupakan ukuran baru ini dengan harga Rp 550 ribu (depan) dan Rp 650 ribu (belakang).

Oke lah bro harganya… Gmana? Tertarik buat mencobanya?

Penulis : Dhany Ekasaputra

FOTO : Istimewa

Facebook Comments
share it...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on Tumblr